Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI Pembelajaran 1

 


PEMBELAJARAN 1

KASIH SAYANG

Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 1 SD/MI Pembelajaran 1 memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Kasih Sayang Nabi Muhammad SAW

    Anak-anak shalih dan shalihah kita diperintahkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW untuk memiliki sifat kasih sayang. Kita harus mengasihi dan menyayangi sesama, selalu menolong teman, berbagi makanan dan berbicara serta berperilaku baik adalah contoh dari sikap kasih sayang.

Mari kita amati gambar berikut ini :

Dalam gambar terlihat ada sekelompok anak yang sedang bermain lompat tali. Namun ada satu orang anak yang terlihat murung dan bersedih, kemudian ada seorang anak yang menghampiri anak yang sedang bersedih itu untuk mengajaknya bermain. Sehingga ia tidak lagi bersedih. Nah itulah salah satu contoh sikap dari peduli dan kasih sayang.

Kasih sayang adalah sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Allah SWT, baik berupa makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan maupun benda mati.

Kemudian siapakah nabi Muhammad SAW itu?

Nabi Muhammad SAW adalah Nabi Allah SWT yang terakhir yang membawa ajaran Islam. Nah anak-anak kita sebagai orang Islam harus tahu bahwa Nabi kita adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau memiliki sifat-sifat terpuji dan diantaranya yaitu kasih sayang. Beliau sangat mengasihi sangat menyayangi semua makhluk Allah SWT terutama sesama manusia. Beliau sayang kepada orang yang lebih tua, kepada yang muda maupun anak-anak. Bahkan Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi anak yatim.

Suatu kisah ketika Rasulullah SAW hendak melaksanakan sholat idul fitri, ditengah perjalanan beliau melihat sekelompok anak yang sedang bermain dan bergembira yang hendak merayakan idul fitri. Tapi ada satu anak yang sedang duduk sendirian dia terlihat sedih bahkan menangis. Rasul pun menghampirinya dan bertanya nak mengapa engkau duduk sendiri mengapa engkau menangis. Lalu anak itu menjawab, aku yatim ayahku telah wafat dalam perang bersama Rasulullah SAW, dan ibuku menikah lagi ayah baruku mengusirku dari rumah dan kini aku sendiri tak punya siapa-siapa, tak punya makanan, pakaian dan tempat tinggal.

Mendengar hal tersebut Rasulullah SAW menjadi iba, akhirnya Nabi Muhammad SAW berkata kepadanya jangan menangis nak, aku akan membahagiakanmu. Rasulullah pun membawa anak tersebut kerumahnya. Bahkan beliau mengangkat anak tersebut menjadi anak angkatnya, dia dirawat dengan baik dan bahagia bersama Rasulullah.

Dari kisah tersebut dapat kita lihat bahwa begitu besar kasih sayang Nabi Muhammad SAW kepada umatnya oleh karena itu kita juga harus mencintai dan menyayangi Nabi Muhammad SAW. Bagaimana caranya? Nah, sebagai umat Nabi muhammad SAW kita harus mencintainya dan sebagai bukti cinta kita kepada beliau hendaknya kita memperbanyak membaca shalawat dan meneladani sikap Nabi Muhammad SAW, seperti menyayangi sesama dengan menolong teman ketika mereka kesusahan, berbagi makanan dengan mereka serta berkata dan berperilaku yang baik.tang kasih sayang Nabi Muhammad SAW, mudah-mudahan kita dapat memahami, menceritakan bahkan mencontoh sikap terpuji beliau dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin Allahumma Aamiin.

B. Kasih Sayang Allah SWT

    Allah memiliki nama-nama yang baik yang disebut Asmaul Husna. Jumlah Asmaul Husna ada 99 kita akan belajar Asmaul Husna

1.    Ar-Rahman artinya Maha Pengasih

Allah menciptakan semesta alam ini untuk memenuhi kepentingan mahluknya. Seperti Allah menurunkan hujan untuk membasahi bumi agar tanaman subur. Allah memciptakan lautan agar ikan bisa bertahan hidup. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

2.    Ar-Rahim  artinya Maha Penyayang

Allah menyayangi orang yang beriman. Cara bersyukur atas kasih saying Allah adalah kasih sayang terhadap kehidupan kita seperti:

a. Kasih sayang terhadap diri sendiri contoh kita rajin merawat badan ini seperti mambersihkannya, rajin olah raga dan lain sebagainya

b. Kasih sayang terhadap teman contoh ketika teman kita sakit kita harus menjenguknya. Ketika teman kita sudah kita harus membantunya dan lain sebaginya.

c. Kasih sayang terhadap alam sekitar contoh rajin menyiram tanaman, membersihkan halaman dan lain sebaginya.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

 


0 comments

Post a Comment