Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI Pembelajaran 3

 


                                                            PEMBELAJARAN 3

IMAN KEPADA ALLAH SWT

Pada masa pandemi covid 19 ini seluruh aktifitas yang biasanya berjalan lancar menjadi terhambat, sebab kita semua harus menjaga jarak, menghindari krumunan dan patuh pada protokol kesehatan. salah satu kegiatan yang sampai sekarang masih belum berani menjalankan aktifitas seperti biasa adalah bidang pendidikan, mengapa? karena pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar dengan tatap muka dan bertemu didalamnya juga berisi anak-anak yang belum bisa menerapkan protokol kesehatan, maka dari itu inisiatif pemenrintah dalam memutusrantai penyebaran virus covid 19 dengan mengadakan belajar di rumah atau terkenal dengan istilah WFH (Work from Home).

Menghadapi kondisi yang seperti ini guru dan orang tua harus extra sabar menghadapi anak-anaknya. karena pembelajaran online bukan pembelajaran yang sangat mudah tetapi cukup menyulitkan orang tau dan guru. kenapa demikian? karena belajar Daring (Dalam Jaringan) atau Luring (Luar Jaringan) butuh suport penuh terhadap jaringan internet, prangkat handphone atau laptop yang jarang dimiliki oleh orang tua siswa. maka dari itu khususnya guru harus lebih giat dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan diajarkan. berikut ini kita sajikan materi pembelajaran PAI yang siap diajarkan kepada anak didiknya dan semoga materi Materi PAI Daring Kelas 1 SD/MI Pembelajaran 3 memeberikan manfaat bagi yang membanya.. aamiin 

A. Yakin Allah Itu Ada

Amatilah Gambar Berikut!


    
Ini adalah gambar alam semesta. Allah menciptakan alam semesta untuk kita semua. Bukti bahwa Allah itu ada adalah andanya alam semesta ini. Ada yang diciptakan ada juga yang menciptakan, seperti ada kursi berarti ada yang menciptakan atau membuat kursi, ada papan tulis mesti ada juga yang menciptakan papan tulis. Begitu juga kita semua dan alam semseta ini diciptakan oleh Allah Swt. Maka kita harus tunduk dan patuh kepada Allah Swt dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, Menjadi anak yang sholeh-sholihah, patuh kepada oraang tua dan guru dan mempunyai budi pekerti yang baik. Kalua itu semua sudah kita lakukan maka kita semua termasuk orang yang meyakini bahwa Allah Swt itu ada.

B. Allah Swt Maha Esa

Apakah anak-anak masih ingat iman kepada Allah SWT merupakan rukun iman yang pertama atau ke satu.

Anak-anak apasih artinya esa? Esa artinya Allah itu satu atau tunggal, tiada Tuhan selain Allah. Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang patut kita sembah. Allah SWT Maha menciptakan segala yang ada di langit dan di bumi.

Coba anak-anak perhatikan gambar berikut ini, pada gambar ada seorang anak laki-laki. Sedang apa mereka? Mereka sedang menunjukkan kalau mereka mempunyai anggota tubuh yaitu ada apa saja? ada tangan, kaki, dan mulut. Nah itu semua  adalah ciptaan Allah SWT. Dan setiap anggota tubuh yang diciptakan Allah SWT mempunyai nama dan manfaat. Nah anak-anak coba kita angkat tangan kita, apa nak gunanya tangan ini? Gunanya tangan adalah untuk memegang, menulis, menggenggam barang-barang. Allah juga menciptakan mata, mata gunanya untuk melihat. Selanjutnya Allah ciptakan kaki, apa guna kaki nak? Guna kaki adalah untuk berdiri menopang tubuh kita, berjalan, juga berlari, kemudian juga masih banyak anggota tubuh yang lain seperti mulut, apa guna mulut nak? Guna mulut adalah untuk berbicara tentunya berbicara yang baik-baik, kemudian juga mulut kita gunakan untuk makan.

Kemudian masih banyak anggota tubuh yang lain, dapat kita perhatikan tubuh kita sendiri ya nak. Ada apa saja yang Allah ciptakan di tubuh kita. Nah, karena Allah telah memberi anggota tubuh yang lengkap, maka kita wajib bersyukur kepada Allah SWT. Bagaimana nak cara kita bersyukur? Cara kita bersyukur yaitu tentunya kita selalu mengucap Alhamdulillahi rabbil alamiin, kemudian menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Selanjutnya pada gambar kedua yaitu lihat lingkungan di rumah. Pada gambar, terdapat anggota keluarga ada ayah, ibu, kakak dan adik. Siapa yang menciptakan ayah? ya benar yang menciptakan adalah Allah SWT. Begitu juga dengan ibu, kakak dan adik juga ciptaan Allah. Maka sikap kita adalah kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT, dengan adanya keluarga, kita dapat merasakan kebahagiaan.

Selanjutnya gambar ketiga yaitu lihat lingkungan di sekolah, terlihat  ada 3 orang anak yang sedang bermain lompat tali. Mereka terlihat senang bermain bersama. Kalian semua pasti senang kan bermain bersama-sama teman. Siapa disini yang pernah memperhatikan temannya ada teman yang berbeda warna kulit, berbeda suku, berbeda sifat dan sebagainya. Itu semua adalah ciptaan Allah SWT kita harus saling menyayangi sesama teman.

Di gambar terakhir terlihat ada bapak guru yang sedang mengajar dikelas. Guru selalu membimbing kita untuk membaca, menulis, berhitung dan mengaji. Ini menunjukkan bahwa kita membutuhkan guru. Kita tidak bisa hidup sendiri, maka sikap kita adalah harus menghormati guru, sopan santun, dan bersikap baik kepada guru.


Artikel Terkait :

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 1 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 2 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 3 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 4 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 5 SD/MI

☑ Rangkuman Materi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Kelas 6 SD/MI

Ø  

0 comments

Post a Comment